Jumat, 21 Oktober 2011

Kronologi Tewasnya Khadafi

PEMIMPIN Libia Moamar Khadafi dipastikan tewas setelah pasukan peberontakan berhasil menguasai kota kelahiran pemimpin terguling Libia tersebut Sirte. Berikut adalah kronologis tewasnya Moamar Khadafi. Seluruh waktu adalah waktu lokal Libia:

11.05 
Kota kelahiran Khadafi Sirte berhasil dikuasai kelompok pemberontak. Pasukan pemberontak kemudian memeriksa setiap bagunan mencari pasukan pendukung Khadafi yang bersembunyi.

11.35 
"Kota ini telah dibebaskan," ujar Hassan Draoua, anggota pemerintahan interim Libia. Pasukan pemberontak Libia memukuli pasukan pendukung Libia yang ditangkap. Aksi itu dihentikan oleh komandan pasukan pemberontak.

12.36 
Seragam militer pasukan Khadafi dibuang di jalan. Seorang anggota pasukan pemberontak memanjat sebuah lampu lalu lintas, mencium bendera pemerintaha revolusi dan mengibarkannya.

14.09 
Pejabat Linia dan NATO mengaku mereka belum bisa mengonfirmasi laporan yang menyebut Khadafi telah tertangkap atau terbunuh saat Sirte berhasil direbut.

14.14 
Pejabat Gedung Putih mengaku terus memonitor laporan mengenai tertangkap dan tewasnya Khadafi namun hingga kini belum bisa mengonfirmasinya.

14.44 
NATO mengonfirmasi bahwa mereka baru saja menembak konvoi para pendukung Khadafi yang berusaha melarikan diri dari Sirte. Pasukan pemberontak mengatakan telah berhasil menangkap Khadafi. 

14.54 
Juru bicara pemerintahan transisi Libia mengatakan Khadafi telah ditangkap dan kemungkinan besar tewas saat Sirte jatuh ke tangan pemberontak. Menteri Informasi Mahmoud Shamman mengatakan Perdana Menteri Libia akan segera melansir keterangan dalam kurun satu jam ke depan.

15.04 
Di Sirte, pasukan pemberontak yang bertempur selama satu bulan untuk merebut kota itu dari pasukan Khadafi berpesta di pusat kota sembari berteriak, "Perang telah usai".

15.16 
Seorang pasukan pemberontak Libia mengaku dirinya berada di sana ketika Khadafi ditangkap. Dia juga mengaku memukul kepala Khadafi menggunakan sepatu, bentuk penghinaan besar di dunia Arab.

15.32 
Terjadi pesta besar di jalan-jalan Kota Tripoli ketika tiba laporan bahwa Khadafi telah tewas.

sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktop