Selasa, 15 Februari 2011

Akibat Bermain game Online

Aku sendiri bisa disebut maniak game. Sehari bisa lebih dari 12jam untuk bermain game ( sudah kecanduan ) hehe

Namun sekarang aku mencoba untuk mengurangi porsi bermain game online ini.
Bahkan aku sekarang mencoba untuk berhenti dan tidak bermain game online lagi.
Ternyata dampak negatif dari game online itu sangatlah fatal bagi orang yang tidak bisa memanage waktunya dengan baik.

Ini beberapa hal yang aku rasakan jika sedang asik bermain game online :
- Kepala menjadi pusing kalau terlalu lama berada di depan layar komputer.
- Tentunya mata juga bisa jadi rusak.
- Jika sedang asik bermain game online biasanya aku tidak mau diganggu. Dan gara-gara ini aku harus putus dengan pacarku waktu itu. Nyesel jadinya udah menyia-nyiakan seseorang yang benar-benar saying padaku. –“
- Mungkin jika aku seorang pekerja aku akan jadi malas bekerja atau jika aku seorang pelajar aku akan malas belajar. Disini beda posisinya dengan aku yang hanya seorang pengangguran yang tidak memiliki skill apa-apa jadi kesempatan untuk bermain game online dirumah tentu sangat besar.
- Mudah terkena penyakit. Benar sekali, seminggu yang lalu aku baru sembuh dari penyakit mag karena pola makanku yang tidak teratur. Ditambah aku sering sekali tidur larut malam karena terlalu keasikan dan ingin mengejar level teman-temanku di dalam game.
- Selain itu juga saya sering lupa beribadah. Jika ada alat untuk menscan dosa kayanya dijiwa ini penuh dengan dosa dibanding dengan amal kebaikan. Alloh Maha Pengampun jadi tidak ada kata terlambat untuk aku bertaubat.
- Di dalam permainan banyak sekali kata-kata yang kurang pas untuk diucapkan seperti kata-kata kasar, jorok dan tentu ini tidak bagus untuk anak-anak dibawah umur. Bahkan bisa memancing emosi dan terjadi perkelahian di dunia nyata antara gamers.
- Yang sangat disayangkan yaitu kita sudah membuang-buang waktu yang sangat berharga.

Hal-hal diatas akan terjadi jika kita mengkonsumsi game tersebut terlalu berlebihan. Dan tentu hal-hal yang berlebihan itu tidak disukai oleh Alloh SWT. Seperti pada hadits dibawah ini.

يَا بَنِي آَدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

Yang artinya kurang lebih: ” Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih- lebihan . Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. (Al A’raf ayat 31).

Dilain pihak game juga bagus untuk perkembangan otak anak tapi bukan main game-game seperti game mmorpg, perang, dll. Tapi pilihlah game-game yang berbau education. Game juga bisa menghilangkan stress kita loh !

Semoga bermanfaat ! :D

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktop