Selasa, 15 Februari 2011

Awal kisah menjadi seorang pengangguran

Awalnya tak pernah terbayangkan kejadian ini akan menimpa diriku.

Keadaan ekonomi pada waktu itu yang lebih dari cukup, tak mustahil untuk aku melanjutkan ke perguruan yang lebih tinggi.
Akupun sudah berharap dan berangan-angan ingin masuk ke perguruan ini itu.
Namun sayang setelah aku lulus SMA keadaan berubah menjadi terbalik, keadaan ekonomi yang lebih dari cukup kini hilang "lebihnya" dan tinggal "cukup" untuk melunasi hutang-hutang ayahku.
Hanya karena kesalahan dia yang telah mengingkari kepercayaan orang-orang terdekatnya kini semuanya berubah drastis.
Ayahku diberhentikan dari pekerjaannya.
Rumah tanggaku mulai goyah, badai besar sedang menerpa keluargaku waktu itu.
Aku yang bercita-cita ingin menjadi seorang guru sirna sudah.
Jangankan untuk biaya melanjutkan kuliah, biaya untuk melunasi hutang-hutang saja masih kesulitan.
Awalnya aku sempat memaksa meminta untuk di sekolahkan ke perguruan yang lebih tinggi namun setelah aku renungkan itu hanya akan menambah beban mereka saja.
Aku terima jika aku harus berhenti dulu.

Saya yang lulusan dari SMA yang tidak dibekali dengan keterampilan mulai kebingungan memikirkan "apa yang harus aku lakukan selama 1 tahun kedepan?"
Saya berpikir mungkin bekerja lebih baik.
Namun ternyata mencari pekerjaan sangatlah sulit untuk lulusan SMA sepertiku ini ( jangankan lulusan SMA , lulusan Sarjana saja masih kesulitan )
Saya sudah melamar pekerjaan ke beberapa perusahaan yang ada di daerah saya namun hanya ada satu perusahaan yang memberiku kesempatan.
Namun aku hanya bekerja satu hari karena tidak sebanding dengan tenaga dan waktu yang telah terbuang.
Perusahaan yang lainnya tidak ada yang mau memberiku kesempatan.

Disaat sedang kesusahan seperti itu ada saja orang yang mencuri kesempatan untuk menipuku dan itu dilakukan oleh saudaraku sendiri.
Dia tiba-tiba datang ke rumah dan menawariku bekerja di salah satu pabrik ternama di cikarang.
Kata-katanya sungguh manis loh !
Untung saja keluargaku tidak tertipu berjuta-juta oleh dia dan hanya tertipu 50ribu.
Kemarin saya mendengar kabar dia ada yang memukuli, oh betapa senangnya hatiku memang dia pantas mendapatkannya ! Puas hahaha

Kembali ke kisahku !
Sudah 8 bulan lamanya aku hidup menjadi seorang pengangguran.
Keseharianku hanya makan , online , Nonton Tv, dan tidur.
Seperti itu setiap hari, sangat membosankan bukan?

Ah tak ada hal lain yang bisa aku lakukan.
Mau membuat suatu karya aku tidak mempunyai ilmu dan keterampilan yang cukup karena aku lulusan SMA.
Mungkin akan beda ceritanya jika aku lulusan SMK.

Aku sangat kesepian dengan keadaanku yang seperti ini.
Mau mencari pacar aku malu dengan title "pengangguran" ini.
Mana ada orang tua yang mau anaknya berpacaran dengan seorang pengangguran?
Apalagi ditambah dengan kondisi rumah tangga yang seperti ini !
Sangat pedih memang kejadian-kejadian yang aku alami selama ini.
Mungkin ini peringatan dari Alloh SWT agar kita senantiasa selalu mensyukuri apa apa yang telah kita capai.

Hanya teman terdekatku yang mampu merubah sedikit keadaanku, yah walau tidak setiap hari main sama mereka sih.
Tapi dengan adanya mereka aku sedikit lebih bahagia.
Thanks buat adit , aji , fey , dkk dengan adanya kalian hari-hariku yang sangat kelabu jadi sedikit berwarna.
Tak pernah kubayangkan jika aku tidak mempunyai teman seperti mereka.
Mengingat teman-teman smp dan smaku kini telah mempunyai kawan-kawan baru !

Alhamdulilah keadaan ekonomi di keluargaku berangsur membaik.
Dan rencananya tahun 2011 ini aku akan melanjutkan sekolah ke perguruan yang lebih tinggi.
Sekarang lagi mencari kampus-kampus yang pas dengan keuanganku.
Oh iya aku akan menjual motorku untuk pendaftaran kuliah nanti.
Oke saya bisa merasakan kehidupan orang-orang yang setiap hari pergi ke sekolah naik angkot hehe
Yang jelas aku tak akan menyianyiakan kesempatana ini !
Aku harus bisa jadi orang yang sukses jangan sampai aku lulus kuliah nanti menyandang gelar "pengangguran" lagi.

Ceritanya sampai disini dulu ya !

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktop